Secara sederhana E-commere dapat diartikan
sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang dan jasa
melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data elektronik,
sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Hal
ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi baik dalam
segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan
teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi,
bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah
transaksi jual-beli.
SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN E-COMMERCE
Kemunculan E-commerce pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
KEUNTUNGAN E-COMMERCE
Berikut adalah beberapa keunggulan e-commerce :
1. tidak
mengenal adanya batasan tempat karena transaksi bisa terjadi walaupun konsumen
dan penjual berada di tempat yangberlainan
2. mengefisiensikan
waktu karena tidak mengenal batasan atau setiap transaksi e-commerce bisa
dilakukan selama 24 jam.
3. Lebih
sedikitnya pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi sehingga dapat
mengikis anggaran pengeluaran perusahaan penjual.
KELEMAHAN E-COMMERCE
Berkut merupakan kekurangan dari penerapan
e-commerce :
1. sering
terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau terkadang penipuan penjual
terhadap pelanggan karena hukum yang mengatur tentang e-commerce masih belum
terlalu berkembang.
2. Konsumen
tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan dibeli
3. Mempersempit
lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak membutuhkan banyak pegawai
untuk melayani transaksi.
APLIKASI PENDUKUNG E-COMMERCE
1. E-mail
dan Messaging\
2. Content
Management Systems
3. Dokumen,
spreadsheet, database
4. Akunting
dan sistem keuangan
5. Informasi
pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan
informasi dari klien dan enterprise
7. Sistem
pembayaran domestik dan internasional
8. Newsgroup
9. On-line
Shopping
10. Conferencing
11. Online Banking
0 Komentar Yaa...:
Posting Komentar