Ada berbagai jenis dari E-Business,
diantaranya:
1. B2B, adalah bisnis yang dilakukan sebuah
perusahaan dengan perusahaan lain(antara perusahaan) baik itu perusahaan yang
bergerak pada bidang industri yang sama ataupun berbeda dengan menggunakan
media Internet. B2B biasa dilakukan untuk menghemat biaya transaksi. Sebagai
contoh perusahaan A ingin memesan sejumlah unit komputer pada perusahaan B,
maka perusahaan A dapat mengakses situs resmi perusahaan B dan menuliskan
pesanannya. Perusahaan B yang mendapatkan pesan pemesanan barang tersebut akan
mengirimkan barang yang dimaksud. Pembayaran biasanya dilakukan berdasarkan
kesepakatan sebelumnya. Meskipun tentu saja pemesanan barang ini dapat
dilakukan dengan mengangkat telepon. Salah satu contoh perusahaan di Indonesia
yang menerapkan konsep B2B adalah situs www.dagang2000.com milik PT Indosat
Adimarga dan www.indonesianexport.com milik PT e-Commerce Nusantara.
2. B2C, dapat diartikan sebagai jenis
perdagangan elektronik dimana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan
penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer). Kesuksesan dari
B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang kualitas tinggi dengan
harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian layanan kepada konsumen yang
cukup baik Contoh perusahaan kelas dunia yang telah menerapkan B2C adalah
www.Amazon.com dan www.WSJ.com
3. Business to Administrator, adalah sebuah
kegiatan memanagement semua aspek bisnis yang dibangun untuk bisa membangun dan
mengembangkan bisnis yang dilakukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dari
pembagun bisnis yang dilakukan. Sebagian besar perusahaan memiliki sebuah
kelompok khusus administrator yang bekerja untuk memastikan hal ini terjadi.
Contoh situs yang menggunakan konsep ini adalah www.emagister.net
4. Brokerage, adalah orang yang menyediakan
pasar, brokerage memiliki peran dalam mempertemukan dan memfasilitasi transaksi
antara penjual dan pembeli. Brokerage sering memainkan peran dalam
bisnis-to-business (B2B), business-to-konsumen (B2C), atau konsumen-ke-konsumen
(C2C). Keuntungan didapat oleh brokerage dari komisi yang diberikan oleh pihak
yang terlibat dalam transaksi baik itu penjual atau pembeli. Contoh situsnya
seperti www.respond.com atau www.paypal.com
5. Seller Driven Market, adalah jenis pasar
penjualan elektronik komoditas, dimana dalam pasar ini terjadi kelangkaan
komoditas atau barang yang mendasar yang mengakibatkan harga menjadi mahal karena
permintaan atas barang / pasokan yang amat tinggi. Contoh situs yang
mengaplikasikan pasar ini adalah www.lelangmurah.com
6. Buyer Driven Market, adalah jenis pasar
elektronik yang berlawanan dengan pasar Seller driven market. Dalam pasar ini
bisanya terdapat banyak sekali situs atau penjual yang menawarkan sebuah produk
yang sama sehingga dengan demikian pembeli memilki kesempatan untuk memilih.
Ketika keadaan pasar seperti ini biasanya harga barang yang ditawarkan oleh
penjual akan cenderung murah. Contoh situs yang cukup terkenal dengan konsep
ini misalnya www.buyers-market.net
Sumber dari:
0 Komentar Yaa...:
Posting Komentar